Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Pelabuhan Padang Bai Ditutup

Kompas.com - 26/01/2012, 21:43 WIB
Muhammad Hasanudin

Penulis

KARANGASEM.KOMPAS.com - Pasca diberlakukannya sistem buka tutup akibat cuaca buruk, Pelabuhan Padang Bai, Karangasem, Bali, sejak Kamis (26/1/2012) pagi akhirnya ditutup total. Keputusan menghentikan penyeberangan dari Padang Bai, Bali ke Pelabuhan Lembar, Lombok Barat ini demi memperhatikan keselamatan penumpang.

"Langkah ini kami tempuh dengan pertimbangan makin memburuknya cuaca. Ketinggian gelombang sudah mencapai lima meter," ujar Manager Operasional PT ASDP Indonesia Fery Pelabuhan Padangbai, Eko Yulianto. Ketinggian gelombang hingga 5 meter dengan kecepatan angin mencapai 35 kilometer per jam sangat membahayakan untuk melakukan aktivitas penyeberangan.

Penghentian penyeberangan ini mengakibatkan antrean kendaraan membludak hingga 5 kilometer. Penumpukan penumpang yang menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum ini tak terhindarkan karena tidak ada satu pun kapal yang beroperasi sejak pagi tadi.

Penutupan pelabuhan ini membuat para sopir truk yang memuat makanan cemas, karena dapat mengakibatkan barang angkutan mereka rusak. "Saya sudah antre sejak Selasa malam kemarin pak, saya tidak tahu kapan saya bisa diseberangkan. Bekal saya juga sudah mulai menipis,” keluh Sunarto, salah satu sopir truk asal Jember ini.

Para sopir truk ini hanya bisa berharap kondisi perairan di Selat Lombok segera membaik supaya aktivitas penyeberangan kembali normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com